Cara Mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone, iPad dan iPod Touch

3.096

My phone – Untuk mempermudah pengendalian perangkatnya, Apple melengkapi iPhone, iPad dan iPod Touch dengan fitur AssistiveTouch yang memiliki banyak fungsi.

Melalui sistem operasi untuk perangkat seluler besutannya, iOS, Apple memang terkenal karena mampu menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru untuk memudahkan aktivitas para penggunanya.

iPhone unsplash
Photo: Unsplash

Diantara berbagai macam fitur tambahan yang disematkannya, salah satunya adalah fitur AssistiveTouch. Fitur ini dapat berfungsi sebagai pengganti beragam fungsi tombol-tombol di iPhone sehingga Anda tidak perlu menekan tombol fisik. Hal ini tentu saja akan membuat tombol home fisik (pada iPhone lawas) lebih awet.

Selain itu, fitur AssistiveTouch juga bisa digunakan sebagai alternatif navigasi, seperti untuk kembali ke halaman layar utama (Home screen) atau untuk mengakses pengaturan Volume, Rotasi Layar, Kunci Layar, dan yang lainnya.

Nah, bagi Anda yang tidak tahu atau lupa cara mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone dan iPad, simak tutorialnya berikut ini.


Also Read:


Cara Mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone dan iPad

  1. Pertama, masuk ke bagian Settings kemudian ilih General
  2. Selanjutnya masuk ke opsi Aksesibilitas
  3. Then select it AssistiveTouch
  4. Dan yang terakhir, tekan tombol On untuk mengaktifkan AssistiveTouch.
Cara Mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone dan iPad
Foto : support.apple.com

Selain cara diatas, Anda juga bisa mengaktifkan fitur AssistiveTouch menggunakan bantuan asisten virtual Siri. Caranya, Anda hanya perlu membuka Siri kemudian mengucapkan “Aktifkan AssistiveTouch".

Untuk pengguna perangkat lama (yang memiliki tombol Home), Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan menekan Home button sebanyak 3 kali. Sementara untuk pengguna iPhone X atau yang lebih baru, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur AssistiveTouch dengan menekan tombol Samping dengan jumlah yang sama (tiga kali).


See also: How to Transfer iOS Data to Android

Setelah fitur AssistiveTouch sudah aktif, nantinya Anda akan melihat tombol yang melayang di layar dan bisa digeser sesuka hati. Ketuk tombol tersebut untuk menampilkan beberapa pilihan, seperti tombol gestures dan Home.

Untuk pengguna iPhone 6s atau iPhone 6s Plus, Anda juga bisa menggunakan fitur 3D Touch yang terdapat di dalam fitur AssistiveTouch ini. Dalam hal ini, Anda bisa mengatur pintasan ke hal yang sering Anda lakukan dengan cara membuka menu AssistiveTouch kemudian ketuk Kustom.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

G|translate Your license is inactive or expired, please subscribe again!