Cara Mengatasi USB Android Yang Tidak Terbaca di PC / Laptop

3.029

My phone – Keberadaan port USB sangat penting untuk menghubungkan laptop dengan perangkat lain, seperti smartphone, untuk melakukan transfer data.

Sayangnya tidak jarang kabel usb seringkali tidak terbaca saat disambungkan ke laptop. Meskipun kini hampir semua laptop terbaru sudah dilengkapi dengan koneksi nirkabel, namun ada beberapa fungsi lain kabel tidak dapat tergantikan.

Maka dari itu, simak cara mengatasi usb Android yang tidak terdeteksi di laptop/terbaca di bawah ini.

See also: 3 How to Transfer Files, Photos, and Videos from HP To Laptop

Cara Mengatasi USB Android Tidak Terdeteksi di PC/ Laptop

1. Pastikan Driver USB Sudah Terinstal Dengan Baik di Laptop

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa driver USB sudah terinstal dengan baik di laptop/PC. Hal ini sangan penting karena menjadi kunci utama agar laptop bisa mendeteksi perangkat Android yang disambungkan.

Untuk mengecek apakah driver USB Anda sudah terinstal, ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Pertama, klik kanan My Computer then select Properties, then select it Device Manager. Bisa juga dengan cara klik Start > control Panel > System > Device Manager, aau langsung dengan mengetikkan kata kunci “Device Manager” di kolom Search.
  • Kemudian klik menu paling bawah Universal Serial Bus Controllers.
  • Selanjutnya cek apakah driver USB telah terinstal atau belum, jika sudah maka biasanya muncul informasi driver yang terpasang.

USB Driver

Namun tak jarang Driver USB pada laptop/PC seringkali bermasalah yang diakibatkan oleh terjadinya crash atau corrupt pada file driver USB tersebut. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan perangkat USB Android tidak terdeteksi oleh komputer atau laptop Anda, meskipun Anda sudah menghubungkannya.

Untuk mengatasinya, bisa dengan cara menginstal ulang driver tersebut atau melakukan update driver yang disediakan oleh perusahaan yang merilis driver tersebut.

See also: Cara Upload Foto/Video Ke Instagram Dari Laptop

2. Periksa port dan kabel USB

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyambungkan perangkat Android Anda ke laptop/PC menggunakan kabel USB.

Jika pada perangkat Android tidak muncul notifikasi penggantian mode, biasanya kabel USB hanya berfungsi USB hanya akan berfungsi sebagai pengisi daya (charger). Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kerusakan pada kabel atau pada port USB.

Nah, supaya bisa terus berfungsi dengan baik, Anda perlu merawat port USB yang ada di komputer atau laptop Anda. Salah satunya adalah dengan membersihkan port dari debu atau kotoran yang menempel menggunakan kain lap kering atau kuas kecil.

Selain itu, usahakan untuk menjaga kabel USB dengan baik. Yakni dengan cara menggulungnya dengan rapi, tidak menariknya secara sembarangan, atau melindunginya dengan benda khusus seperti pegas bolpen.

See also: Want to display an Android screen on a laptop / PC? Here's how

3. Ubah Perangkat Androd ke Mode MTP (Mode File Transfer)

Agar dapat tersambung ke komputer dan bisa melakukan aktivitas transfer data, Anda perlu mengubah mode perangkat ke MTP. Caranya sebagai berikut :

  • Sambungkan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel usb.
  • Tunggu hingga proses loading device selesai.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa opsi, kemudian ganti ke Mode MTP.

Nah, demikianlah cara mengatasi USB Android tidak terdeteksi di komputer atau laptop. Jika Anda mengalami kendala dalam masalah ini, Anda bisa menghubungi kami melalui halaman Contact.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

G|translate Your license is inactive or expired, please subscribe again!